Informasi Seputar Dunia Kesehatan

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh - Bersepeda merupakan hobi yang sangat menyenangkan. Kegiatan yang satu ini juga merupakan jenis olahraga yang dapat menyehatkan tubuh. Banyak penggemar bersepeda melakukan kegiatan ini di berbagai medan. Bersepeda di perbukitan dengan tingkat kesulitan tertentu akan memberikan sensasi tersendiri saat bersepeda. Bersepeda juga dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Tanpa kita sadari bersepeda memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh:

Manfaat Bersepeda
Meningkatkan kekuatan otot tubuh
Ketika bersepeda, bagian tubuh terutama kaki aktif bergerak. Jika kegiatan ini rutin dilakukan maka otot-otot akan menjadi kuat dan keseimbangan tubuh juga akan terlatih.

Baik untuk kesehatan jantung
Dengan bersepeda maka kinerja jantung, paru-paru dan juga pembuluh darah akan semakin meningkat. Bersepeda secara teratur dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung, sehingga resiko penyakit jantung pun akan berkurang.

Menurunkan berat badan dan menjaga berat tubuh tetap ideal
Bersepeda adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat tubuh tetap ideal. Ketika bersepeda, tubuh akan terus bergerak sehingga lemak pada tubuh akan lebih mudah terbakar. Namun untuk mendapatkan hasil terbaik pemilihan makanan untuk dikonsumsi juga sangat berpengaruh. Karena akan percuma jika lemak telah terbakar dengan bersepeda namun akan ditimbun lagi dengan makan makanan yang tidak sehat.

Menurunkan kadar stres
Bersepeda dengan santai di pagi hari atau sore hari dapat memberikan rasa nyaman dan rileks pada tubuh dan pikiran. Ditambah lagi jika anda memilih tempat dengan pemandangan indah untuk bersepeda, maka perasaan stres anda akan berubah menjadi hal yang lebih positif.

Meningkatkan sistem imun
Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh berfungsi menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh adalah mampu meningkatkan sistem imun. Dengan bersepeda, berarti anda telah memberikan kontribusi yang baik bagi kesehatan tubuh anda.

Menjaga stamina
Sama halnya seperti jenis olahraga lain, bersepeda juga dapat menjaga stamina tubuh agar tetap bugar.

Membantu melancarkan sistem pernafasan
Kurangnya berolahraga kadang membuat kita mudah merasakan “ngos-ngosan” jika melakukan pekerjaan yang menguras tenaga. Aktivitas bersepeda maka akan membantu menguatkan otot-otot pernafasan dan melancarkan pertukaran oksigen dalam paru-paru. Hal ini memberikan efek yang bagus sirkulasi udara dalam tubuh.

Manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh memanglah sangat banyak, namun tentu saja dengan tidak melakukannya secara berlebihan. Selain itu bersepeda juga memiliki manfaat bagi lingkungan. Dengan bersepeda maka tingkat polusi udara dapat berkurang, sehingga udara akan lebih segar dan resiko penyakit juga akan berkurang. Aktifitas bersepeda yang anda lakukan secara tidak langsung telah membantu bumi untuk mengurangi kadar karbon monoksida yang biasanya di terkandung dalam asap kendaraan bermotor.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

0 comments:

Post a Comment