Informasi Seputar Dunia Kesehatan

Ciri-Ciri Daya Tahan Tubuh Menurun

Ciri-Ciri Daya Tahan Tubuh Menurun - Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini membuat tubuh menjadi lebih rentan terserang penyakit. Di musim hujan, serangan penyakit flu selalu mengintai, sedang di musim kemarau cuaca panas membuat kita cenderung merasakan sakit kepala dan dehidrasi. Ditambah lagi dengan segudang aktifitas yang harus dilakukan, kondisi tubuh menjadi lebih cepat merasa lelah dan mudah terserang penyakit.

Ciri-Ciri Daya Tahan Tubuh Menurun
Memang di dalam tubuh setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh atau di sebut juga dengan sistem imun yang akan menjaga tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit. Namun, pada dasarnya daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda, sehingga kekuatan melawan penyakit menjadi tidak sama. Selain faktor cuaca, kebiasaan buruk yang sering dilakukan juga dapat membuat daya tahan tubuh melemah.

Ketika daya tahan tubuh mulai melemah, sebaiknya anda lebih waspada agar tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Lalu bagaimana cara mengetahui jika daya tahan tubuh sedang menurun? Berikut ini beberapa ciri-ciri daya tahan tubuh menurun:

Dehidrasi

Tidak cukup minum, akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih rentan terserang dehidrasi. Padahal tubuh memerlukan cukup cairan untuk membuang racun-racun berbahaya yang ada di dalam tubuh. Selain itu, air juga sangat di perlukan untuk mengatur suhu tubuh dan membantu peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Cukupilah kebutuhan minum anda minimal 2 liter perhari agar daya tahan tubuh tetap stabil.

Sering merasa tidak enak badan

Menurunnya daya tahan tubuh akan menyebabkan tubuh terasa berat dan terasa tidak enak. Hal ini bisa saja disebabkan oleh faktor kelelahan. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dapat membantu mengurangi rasa tidak enak dalam tubuh.

Tubuh terasa lemas

Ketika daya tahan sedang menurun, maka tubuh akan merasa lemas dan mudah lelah walaupun sebenarnya anda sudah istirahat yang cukup.

Mudah terserang penyakit

Ciri-ciri daya tahan tubuh menurun lainnya adalah mudah terserang penyakit. Penyakit seperti flu, demam, herpes dan beberapa jenis penyakit lainnya sangat mudah menyerang tubuh yang sistem imunnya sedang menurun. Karena daya tahan menurun, kekuatan imun menjadi melemah, sehingga mikroorganisme penyebab penyakit akan lebih mudah menyerang. Terlebih lagi di musim penghujan, penyakit flu lebih mudah untuk menyerang.

Kurang fokus dan tidak kosentrasi

Daya tahan tubuh yang menurun akan membuat anda tidak fokus dan kosentrasi dalam berfikir. Hal ini disebabkan karena tubuh merasa sangat lemah dan lesu. Biasanya penurunan sistem imun yang disebabkan oleh stres juga dapat memicu sulitnya berkonsentrasi.


Ada baiknya jika anda selalu menjaga kekebalan tubuh dengan melakukan berbagai pola hidup sehat. Olahraga yang teratur, makan makanan yang sehat dan mengurangi stres adalah hal yang dapat anda lakukan agar kekebalan tubuh tetap terjaga. Beberapa ciri-ciri daya tahan tubuh menurun diatas adalah peringatan agar anda dapat selalu menjaga kesehatan sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri-Ciri Daya Tahan Tubuh Menurun

0 comments:

Post a Comment