Informasi Seputar Dunia Kesehatan

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh - Sistem kekebalan tubuh adalah suatu sistem pertahanan manusia untuk melindungi diri dari infeksi atau serangan mikroorganisme. Gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari yang buruk memiliki dampak yang dapat merusak kemampuan tubuh untuk melawan berbagai jenis infeksi, virus dan juga bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itulah kita memerlukan penguat kekebalan tubuh.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh
 Lalu apa saja cara yang dapat kita lakukan untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita? Berikut ini beberapa cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat meningkatkan jumlah produksi leukosit. Leukosit merupakan sel darah putih yang mampu membantu tubuh melawan berbagai macam infeksi. Leukosit merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh, dimana sel darah putih ini memakan bakteri hidup yang masuk ke dalam sistem peredaran darah.

Olahraga juga mampu melepaskan hormon endorphin, yaitu hormon yang dapat menciptakan suasana nyaman dan perasaan senang. Hormon endorphin juga mampu meningkatkan kualitas tidur dimalam hari. Perasaan nyaman dan tenang serta kualitas tidur yang baik memiliki efek yang baik bagi sistem kekebalan tubuh.  Selain itu, ketika berolahraga tubuh akan aktif bergerak, sehingga racun-racun yang terdapat dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat. Olahraga juga mampu merangsang peredaran darah agar menjadi lancar.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas. Antioksidan akan menangkap radikal bebas dan sehingga tidak menyebabkan kerusakan dalam tubuh.

Anti oksidan dapat ditemukan dalam sayur-sayuran dan buah-buahan. Contoh antioksidan antara lain: Vitamin C, Vitamin E, beta karotein dan juga zat besi. Untuk memenuhi kebutuhan antioksidan anda, maka anda dapat menemukannya pada berbagai jenis sayur-sayuran dan buah-buahan yang memiliki warna-warna yang cerah. Beberapa contoh sayur dan buah yang mengandung antioksidan tinggi adalah jeruk, lemon, beri-berian, wortel, brokoli, bawang putih dan lain  sebagainya.

Tertawa dan menjauhi stres

Ketika tertawa, produksi hormon endorphin akan meningkat. Hormon endorphin akan membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Sebaliknya, perasaan stres dan depresi akan membuat tubuh menjadi lemah dan sehingga sistem imun anda pun akan ikut melemah. Untuk menjauhkan diri dari stres anda dapat tertawa lepas dengan cara menonton acara komedi ataupun bercanda dengan keluarga maupun sahabat. Selain itu anda dapat melakukan meditasi untuk melepaskan stres. Meditasi dapat membantu meredakan rasa stres anda. Menurut sebuah penelitian, meditasi dapat meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh.

Pola hidup sehat seperti menghindari merokok, mengurangi kebiasaan makan makanan junk food, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mencukupi kebutuhan air minum, dan cukup tidur juga merupakan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat anda lakukan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

0 comments:

Post a Comment