Informasi Seputar Dunia Kesehatan

Masker Kopi untuk Kulit Awet Muda

Masker Kopi untuk Kulit Awet Muda - Masker merupakan perpaduan bahan alami yang dioleskan pada permukaan wajah dan dibiarkan selama beberapa waktu sampai mengering dan dibilas hingga bersih. Proses pendiaman masker tersebut bertujuan supaya bahan aktif yang terkandung di dalam masker tersebut dapat meresap sepenuhnya ke dalam kulit wajah.

Masker Kopi untuk Kulit Awet Muda
Berbagai jenis bahan dari alam bisa dimanfaatkan untuk paduan masker seperti sayur, buah dan biji-bijian termasuk kopi. Selain aromanya yang bisa menenangkan, biji kopi merupakan bahan alami yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi bernama quinines. Senyawa antioksidan ini akan menjadi semakin aktif jika melalui proses pemanggangan.

Meski khasiat masker kopi yang dioleskan pada kulit wajah belum terbukti, namun zat antioksidan dalam kopi sangat diperlukan oleh kulit wajah untuk menangkal berbagai radikal bebas dan supaya bisa awet muda. Radikal bebas merupakan istilah untuk berbagai sel yang rusak penyebab kondisi negatif tertentu. Radikal bebas ini bisa ditimbulkan dari radiasi dan asap rokok sehingga mengakibatkan penuaan dini pada kulit wajah.

Cara Membuat Masker Kopi Sendiri

Berbagai bahan seperti yogurt, susu, minyak zaitun dan madu bisa dipadukan ke dalam masker kopi terutama bagi jenis kulit kering. Untuk membantu mengatasi kulit yang berminyak, bisa memadukan masker kopi dengan lemon. Untuk mengurangi bengkak di area sekitar mata dan mencerahkan kulit wajah, bisa memadukan masker kopi dengan bubuk cokelat. Berikut ini resep yang bisa dicoba sendiri di rumah untuk membuat masker kopi.

Bahan-bahan:
2 sdm madu untuk kulit kering atau jus lemon untuk kulit berminyak.
4 sdm bubuk atau biji kopi yang sudah dihaluskan.
4 sdm bubuk cokelat tanpa paduan gula.
8 sdm yogurt tanpa rasa, susu, santan atau susu almond.

Cara membuat:
Pertama-tama, campurkan bubuk kopi dengan bubuk cokelat lalu tambahkan susu sampai terbentuk adonan untuk masker. Jika Anda menginginkan masker yang kental, maka penggunaan susu tersebut bisa dibatasi.
Kemudian tambahkan madu dan aduk sampai tercampur rata.
Sapukan pada leher dan wajah dan leher yang sudah dibersihkan.
Biarkan beberapa saat hingga mengering.

Untuk membersihkan permukaan wajah dari masker kopi, bisa dengan menekan kain halus dan basah yang telah direndam di dalam air hangat ke wajah sehingga masker akan mengendur dan terlepas. Sebaiknya jangan menggosokkan kain tersebut ke wajah terlebih lagi jika Anda memiliki jenis kulit sensitif. Pastikan juga bahwa biji kopi yang digunakan untuk masker sudah tergiling halus untuk menghindari terjadinya luka pada wajah. Pastikan juga bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap masker kopi dan jika terlanjur alergi maka segeralah berkonsultasi dan memeriksakannya ke dokter.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Masker Kopi untuk Kulit Awet Muda

0 comments:

Post a Comment