Informasi Seputar Dunia Kesehatan

Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan - Banyak orang yang menyukai rasa pedas. Rasanya yang panas dan terasa menyengat di lidah memberikan sensasi tersendiri ketika bagi para penggemar makanan pedas. Rasa pedas sendiri sebenarnya disebabkan oleh suatu zat yang bernama capsaicin. Zat ini biasanya terdapat dalam tumbuh-tumbuhan seperti cabai. Capsaicin tidak dapat larut dalam air, jadi tak heran walaupun anda telah banyak minum setelah makan makanan yang pedas, rasa pedas tersebut tetap saja terasa di lidah. Selain pada cabe, rasa pedas juga dapat ditemukan pada merica atau lada, jahe, wasabi dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Manfaat Makanan Pedas
Namun, ada juga yang tidak gemar makan makanan pedas. Rasa panas dan sensasi seperti tertusuk-tusuk pada lidah membuat mereka yang tidak tahan dengan rasa pedas menjadi “kelenger”. Rasa pedas ini membuat lidah terasa berdenyut-denyut, bahkan rasa panasnya naik hingga terasa di telinga. Ada juga yang tidak suka makan makanan pedas karena sedang menderita jenis penyakit tertentu. Penderita gangguan usus ataupun lambung sangat disarankan untuk menjauhi jenis makanan ini.

Bagi anda yang senang makan makanan pedas, anda patut senang. Karena ternyata makan makanan pedas memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh anda. Tapi tentu saja dengan batasan konsumsi yang masih wajar dan tidak berlebihan. Berikut ini beberapa manfaat makanan pedas bagi kesehatan:

Membantu tubuh menangkal radikal bebas
Cabai mengandung senyawa antioksidan yang mampu membantu tubuh menangkal serangan radikal bebas. Cabai hijau merupakan jenis cabai yang paling banyak memiliki kandungan antioksidan.

Antikanker
Kandungan lasparaginase dan capsaicin yang terdapat pada cabe berperan sebagai zat antikanker. Capsaicin mampu membunuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menyehatkan jantung
Dengan mengkonsumsi makan makanan yang pedas, maka resiko terserang penyakit jantung dan stroke dapat berkurang. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam cabai memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, mampu meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan mengurangi pembekuan dalam darah. Kandungan vitamin C pada cabe juga mampu memperkuat dinding pembuluh darah.

Mengurangi stres
Mengurangi stres juga merupakan salah satu manfaat makanan pedas bagi kesehatan. Mengkonsumsi makan makanan yang pedas mampu meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon ini mampu menumbuhkan perasaan nyaman dan senang sehingga rasa stres ataupun depresi dapat berkurang.

Mengurangi gejala flu
Makan makanan yang pedas dapat meningkatkan suhu pada tubuh, sehingga tubuh menjadi panas, berkeringat dan jalan untuk bernafas pun lebih terbuka.

Pembahasan diatas hanyalah sebagian manfaat makanan pedas bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak manfaat lain yang dapat anda rasakan. Namun manfaat ini akan di dapat jika mengkonsumsi makanan pedas dengan tidak berlebihan. Mengkonsumsi makan makanan pedas secara berlebihan dapat memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan, terutama bagi anda yang memiliki masalah pada pencernaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan

0 comments:

Post a Comment