Informasi Seputar Dunia Kesehatan

Tips Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Dengan Cepat

Tips Mengecilkan Perut Buncit - Memiliki bentuk tubuh yang ideal tentu menjadi idaman bagi kebanyakan orang baik laki-laki maupun perempuan. Perut merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup banyak mendapat perhatian khusus bagi sebagian orang, karena seperti kita ketahui bagian ini merupakan salah satu bagian yang biasanya langsung terlihat oleh orang lain. Masalah yang biasanya banyak dialami oleh kebanyakan orang pada bagian tubuh tersebut adalah perut buncit atau gendut.

Perut buncit tentu saja bisa membuat kurang percaya diri untuk kebanyakan orang, meski bukan tidak mungkin juga justru ada yang lebih senang dan percaya diri dengan perut gendutnya. Namun rasanya akan lebih banyak yang lebih percaya diri dengan perut ideal ketimbang dengan perut buncit. Maka dari itu tidak sedikit orang yang mencari informasi mengenai tips cara mengecilkan perut buncit secara alami dengan cepat. Mungkin anda yang sedang membaca informasi ini adalah salah satu orangnya bukan?

Cara Mengecilkan Perut
Selain membuat kurang percaya diri, perut buncit atau gendut bisa cukup merepotkan ketika kita beraktifitas. Maka dari itu, memiliki bentuk perut yang ideal tentu akan lebih menyenangkan. Nah untuk anda yang mungkin saat ini sudah terlanjur memiliki perut yang buncit atau gendut, tidak ada salahnya mengupayakan agar bentuk perut anda kembali ideal. Berikut ini kami mencoba untuk berbagi informasi mengenai cara mengecilkan perut buncit yang bisa anda lakukan untuk kembali mendapatkan bentuk perut yang rata, ideal, tidak buncit atau kegendutan.

Tips Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

1. Merubah Kebiasaan Makan
Bagi anda yang saat ini sedang memiliki perut yang buncit bisa anda coba ingat-ingat apakah selama ini anda sering makan dalam porsi yang cukup banyak dalam satu waktu. Jika iya, maka mulai sekarang ada baiknya segera rubah kebiasaan tersebut karena mengkonsumsi makanan dalam jumlah atau porsi yang banyak dalam satu waktu merupakan salah satu faktor penyebab kelebihan lemak yang pada akhirnya juga menjadi salah satu penyebab perut buncit.

Segera tinggalkan kebiasaan makan banyak dalam satu waktu tertentu tersebut, karena hal tersebut bisa menyebabkan gagalnya lemak menjadi energi dan akhirnya menumpuk dalam tubuh. Usahakan agar anda jadi terbiasa mengkonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil atau sedikit namun dengan frekuensi makan yang cukup sering, daripada makan hanya 2x sehari misalnya namun dengan jumlah yang banyak setiap kali makan.
Cara Mengecilkan Perut Secara Alami
Akan lebih baik ketika anda makan 3 sampai 4 kali dalam porsi kecil setiap harinya, karena hal tersebut akan membantu mempercepat metabolisme dalam tubuh. Tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak. Dengan mengatur menu makan 3-4 kali makan dalam porsi kecil setiap harinya maka akan membuat anda tetap bisa kenyang sekaligus dapat membantu meninggalkan makanan yang kurang bergizi lainnya.

Agar lebih maksimal ada baiknya anda kurangi juga asupan gula serta minuman-minuman dengan pemanis. Usahakan anda banyak minum air putih setiap harinya, setidaknya 8-10 gelas perhari, karena air sangat penting untuk kesehatan sel dan membantu pencernaan. Air bekerja sebagai penekan nafsu makan serta agen detoksifikasi. Untuk menu diet, anda bisa memasak sayuran, makanan yang mengandung protein, kacang-kacangan, gandum sereal, susu rendah lemak, ikan, dan sejumlah kecil lemak sehat (minya zaitun misalnya).

2. Mengecilkan Perut Buncit Dengan Berolahrga
Berbicara mengenai olahraga untuk mengecilkan perut buncit tidak selalu harus ke tempat latihan atau fitness center, karena tempat tersebut sendiri sebetulnya kurang cocok untuk mendukung usaha anda dalam mengecilkan perut buncit atau menyingkirkan lemak di perut. Melakukan sit-up ataupun latihan perut setiap harinya akan lebih cocok anda lakukan jika tujuan anda ingin membentuk dan memperkuat otot perut anda, dan fitness center merupakan salah satu tempat yang cocok.

Sedangkan jika tujuan anda adalah ingin meratakan atau mengecilkan perut buncit anda, lebih baik anda lakukan kegiatan fisik yang moderat selama kurang lebih 45 sampai dengan 60 menit, 4-6 kali dalam seminggu. Hal tersebut akan lebih efektif dalam mendukung usaha anda dalam upaya menyingkirkan lemak di perut. Anda bisa melakukan jalan cepat, bersepeda, jogging, jalan santai dan lain sebagainya, serta latihan aerobik. Semakin banyak waktu yang anda luangkan untuk melakukan hal tersebut maka akan semakin cepat juga lemak di perut anda menghilang.
Cara Mengecilkan Perut Buncit
Konsistensi tentu sangat diperlukan agar usaha anda untuk mengecilkan perut bisa cepat berhasil dan maksimal. Usahakan agar bisa melakukan olahraga ringan diatas setidaknya 4-6 kali dalam seminggu, usahakan agar jangan sampai terlewat meski mungkin hanya 5 menit saja anda melakukannya. Tingakatkan intensitas dan durasi olahraga yang anda lakukan tersebut secara bertahap, karena dapat berguna untuk meningkatkan stamina tubuh. Ada baiknya juga anda melakukan pemanasan selama 5-10 menit sebelum melakukan olahraga.

3. Rubah Gaya Hidup
Mungkin saat ini anda termasuk salah satu orang yang ketika bepergian ke kantor atau ke tempat kerja anda mengendari mobil pribadi ataupun sepeda motor. Anda bisa mencoba sedikit merubah gaya hidup anda tersebut dengan meluangkan waktu 1 atau 2 hari untuk pergi ke kantor atau tempat kerja anda dengan menggunakan angkutan umum, bersepeda atau bahkan jika memang memungkinkan dengan berjalan kaki, karena hal tersebut dapat membuat lemak yang menumpuk terurai menjadi energi.

Ketika di kantor atau tempat kerja anda, jika memungkinkan, usahakan untuk lebih memilih menggunakan anak tangga ketimbang menggunakan elevator atau lift untuk naik ataupun turun menuju lantai yang anda inginkan. Lakukan aktifitas berjalan sebanyak yang anda bisa lakukan. Mulai sekarang anda juga mesti usahakan untuk tidak makan berlebihan pada malam hari atau ketika anda terbangun ditengah malam. Usahakan untuk menimkati makam malam anda 2 atau 3 jam sebelum anda beranjak tidur.
Cara Ngecilin Perut
Jika anda bisa merubah salah satu gaya hidup anda seperti diuraikan diatas, secara tidak langsung hal tersebut juga akan membantu mengurai lemak berlebih di perut anda yang pada akhirnya akan turut membantu anda mengecilkan perut. Jika anda seorang perokok anda juga bisa mulai meninggalkan kebiasaan merokok anda tersebut serta hindari terlalu banyak mengonsumsi obat. Tinggalkan segala sesuatu yang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dan obesitas. Cobalah untuk melakukan yoga, meditasi, mendengarkan dan menimati alunan musik, olaharga, jalan santai, tidur yang cukup, liburan dan hindari stres. Tekanan yang berlebihan dan stres bisa menyebabkan ketikdaseimbangan hormon dan obesitas.

4. Istirahat dan Tidur Yang Cukup
Tips mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan cara istirahat dan tidur yang cukup. Untuk anda yang sering begadang, mulai sekarang ada baiknya segera tinggalkan kebiasaan tersebut jika memang tidak ada aktifitas atau kegiatan yang penting. Seperti lirik lagu dangdut dari sang Raja Dangdut Rhoma Irama, "Begadang Jangan Begadang, Kalau Tiada Artinya". Segera istirahat tidur jika sudah tidak ada yang harus anda kerjakan.

Setelah anda melakukan olaharga maka anda juga harus mengimbangi aktifitas tersebut dengan istirahat yang cukup untuk memulihkan stamina tubuh anda. Penelitian menyebutkan bahwa ketika kita tidak cukup tidur, dalam tubuh terjadi peningkatan hormon ghrelin, yang mana hormon tersebut merupakan hormon yang meningkatkan nafsu makan. Secara bersamaan terjadi pula penurunnan hormon leptin, yang menyebabkan kita menjadi sulit merasa kenyang meski telah mengkonsumsi makanan dalam porsi yang biasanya. Perubahan tersebut secara fisiologi akhirnya membuat kita sulit untuk mengontrol rasa lapar.

5. Konsumsi Vitamin C
Untuk membantu mengembalikan hormon stres (kortisol) pada tingkat yang normal juga untuk mengurangi tingkat stres maka anda bisa mengonsumsi Vitamin C. Pengurangan kortisol dapat membantu untuk mencegah peningkatan penyimpanan lemak di perut. Cukup banyak makanan atau buah-buahan yang mengandung vitamin C yang dapat anda konsumsi setiap harinya seperti misal jeruk, buah kiwi, nanas, tomat dan lain-lain.

Selain itu, seperti kita ketahui bahwa saat ini juga terdapat banyak produk vitamin C dalam bentuk suplemen yang dapat kita konsumsi, meski tentunya tetap lebih disarankan untuk mengonsumsi vitamin C dari makanan atau buah-buahan. Jika anda memilih mengonsumsi vitamin C dalam bentu suplemen, disarankan agar tidak mengonsumsi lebih dari 500 miligram per hari.


Diatas tadi merupakan beberapa tips cara mengecilkan perut secara alami yang bisa anda coba lakukan dengan rutin. Tentu saja masih ada informasi mengenai tips atau cara-cara lainnya yang belum disebutkan pada tulisan kali ini, namun begitu jika anda mampu dengan teratur menjalankan salah satu atau semua langkah diatas bukan tidak mungkin anda akan segera mampu mendapatkan hasil yang maksimal dalam upaya anda mengecilkan perut buncit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk kali ini, jika ada informasi yang mungkin kurang tepat yang kami uraikan diatas, atau mungkin anda memiliki tips atau informasi tambahan lainnya seputar cara mengecilkan perut buncit, silakan langsung saja sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah tulisan ini agar bisa menjadi informasi tambahan ataupun bahan diskusi dengan teman-teman yang lain. Sekian, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Dengan Cepat

1 comments: