Informasi Seputar Dunia Kesehatan

Tips Memilih Sabun Sesuai Dengan Jenis Kulit

Tips Memilih Sabun Sesuai Dengan Jenis Kulit - Setiap orang tentunya memiliki preferensi masing-masing ketika memilih jenis sabun mandi yang akan digunakan sehari-hari. Yang paling penting adalah selalu memastikan bahwa sabun tersebut tidak hanya mampu membersihkan kotoran dari tubuh, namun bisa juga membuat kulit Anda menjadi lebih lembut dan sehat. Sebelum memilih jenis sabun yang paling tepat, sebaiknya Anda mengenali terlebih dulu jenis kulit, jenis sabun dan kegunaannya.


Kulit Berminyak
Kulit lembap dan kenyal merupakan keuntungan tersendiri bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Di sisi lain, jenis kulit yang terlalu berminyak ini bisa mempercepat perkembangbiakan bakteri. Gunakanlah jenis sabun antibakteri untuk mencegah perkembangbiakan bakteri ini. Sabun yang mengandung lavender atau chamomile juga sangat disarankan bagi mereka yang mempunyai jenis kulit berminyak.

Kulit Kering
Sebagian besar sabun yang tersedia di pasaran saat ini cenderung menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, maka sebaiknya menggunakan sabun  yang kaya akan kandungan pelembap alami. Misalnya, pilihlah sabun yang mengandung minyak bunga matahari, minyak zaitun atau cocoa butter.

Kulit Sensitif
Sebagai upaya untuk mencegah iritasi, sebaiknya menggunakan sabun tanpa pewangi bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Selain itu, pemilik kulit sensitif harus memastikan bahwa sabun yang dipilih mengandung tingkat pH yang seimbang. Hindari juga jenis sabun yang mengandung bahan deodoran dan antibakteri.

Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi merupakan kondisi kulit yang terasa kering, bersisik, mudah terkena iritasi di area tertentu dan terasa berminyak di area lain pada saat yang bersamaan. Jenis kulit kombinasi ini harus dibersihkan secara khusus dengan produk pembersih yang berbeda dan mengandung sedikit bahan kimia. Pada area kulit yang kering, Anda harus menggunakan pelembap. Pada area kulit yang berminyak, Anda harus menggunakan sabun pembersih dengan benzoil peroksida untuk mencegah timbulnya jerawat dan peradangan.


Setelah mengetahui jenis-jenis kulit, maka sekarang Anda dapat memilih sabun yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit seperti diuraikan berikut ini:
Sabun Batang

Kandungan sodium hidroksida pada sabun batang bisa membuat kulit menjadi kering. Apabila Anda lebih memilih sabun batang, maka pastikan sabun batang tersebut tidak mengandung alkali yang tinggi karena bisa mengakibatkan iritasi. Gunakanlah jenis sabun batang yang kaya akan kandungan banyak emolien untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Sabun Cair
Sabun cair (body wash) mengandung petrolatum yang berguna sebagai pelembap dan menjaga kulit agar tetap lembut. Jenis sabun ini sangat cocok dipakai untuk jenis kulit normal. Sabun cair yang bersifat ‘moisturizing’ merupakan pilihan yang paling tepat bagi pemilik kulit kering karena banyak mengandung petrolatum dan minyak pelembap alami.

Shower Gel
Shower gel pada dasarnya sangat mirip dengan sabun cair namun dengan tekstur lebih kental. Selain itu, shower gel ini mengandung lebih banyak pewangi dibandingkan jenis sabun lainnya. Shower gel sangat cocok bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Sabun Sesuai Dengan Jenis Kulit

1 comments:

  1. sabun kesehatan Snow White yang saya punya cocok loh buat dipake bagi semua jenis kulit. Mau coba ? masuk sini - http://bit.ly/1Ps5PMM

    ReplyDelete