Informasi Seputar Dunia Kesehatan

Trik Ampuh Untuk Mengatasi Rambut Kering

Trik Ampuh Untuk Mengatasi Rambut Kering - Rambut kering diakibatkan oleh berkurangnya tingkat kelembapan rambut. Terdapat dua faktor utama yang menjadi penyebab berkurangnya kelembapan rambut yakni kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak yang cukup dan terjadinya kerusakan pada lapisan pelindung rambut (kutikula). Faktor yang pertama biasanya disebabkan bertambahnya umur dan rambut pun akan memproduksi minyak dalam jumlah lebih sedikit.

Trik Ampuh Untuk Mengatasi Rambut Kering
Kutikula rambut yang telah rusak biasanya diakibatkan terlalu sering melakukan penataan rambut dengan memakai pengering rambut, meluruskan, mengeriting dan mengecatnya. BIla lapisan pelindung rambut sudah rusak, maka kutikula tersebut akan mengelupas dari rambut dan kemampuan kutikula untuk mempertahankan kelembapan rambut pun akan terganggu.

Memiliki rambut yang sehat dan indah seperti model-model iklan shampoo sebenarnya bisa dimiliki oleh setiap wanita. Kunci utamanya adalah harus selalu telaten ketika merawat jenis rambut kering. Berikut ini beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat rambut kering menjadi indah dan berkilau.

Keramas Dua Hari Sekali
Kebiasaan keramas atau mencuci rambut setiap hari dapat membuat berkurangnya kelembapan rambut. Apabila kondisi rambut Anda masih normal dan tidak terlalu berminyak, maka sebenarnya tidak perlu sering-sering mencucinya. Namun, bila ingin menjaga kesegaran atau kebersihan rambut maka boleh mencucinya dengan cara memakai kondisioner dan shampoo secara bergantian. Ketika mencuci rambut, usahakan agar menggosok kulit kepala dan jangan pernah menggosok-gosok rambut Anda.

Masker Rambut Dari Bahan Alami
Masker rambut alami bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berprotein seperti telur yang dicampurkan dengan minyak zaitun. Oleskan masker alami tersebut pada rambut kering selama setengah jam sebelum Anda mencucinya dengan air hangat. Selain itu, Anda bisa mengoleskan setengah sendok teh minyak kelapa pada bagian pertengahan sampai ujung rambut untuk meningkatkan kelembapan pada rambut kering. Lalu sisir dan biarkan selama setengah jam sebelum dibilas.

Memotong Ujung Rambut
Umumnya, jenis rambut kering mempunyai ujung rambut yang rusak atau bercabang. Anda bisa memotong ujung rambut yang rusak tersebut secara rutin agar rambut bisa lebih sehat. Lakukan pemotongan ujung rambut ini setiap 2-3 bulan sekali di salon. Tidak disarankan untuk memotong ujung rambut sendiri di rumah karena penggunaan gunting rambut yang tidak tepat bisa memperparah kondisi rambut kering Anda.

Memilih Produk Rambut Yang Tepat
Disarankan agar memilih gel, shampoo, kondisioner atau produk-produk rambut lainnya yang memang ditujukan untuk jenis rambut kering. Produk yang paling ideal untuk jenis rambut kering biasanya mempunyai kadar pH yang rendah yang bertujuan untuk mempertahankan kelembapan rambut. Selain memperhatikan kadar pH, disarankan juga agar melihat beberapa kata kunci seperti anti-aging, thermal protection atau intense moisture pada kemasan obat.

Produk rambut yang kaya akan kandungan minyak bergizi juga bisa menjadi pilihan seperti minyak avokad, minyak zaitun dan minyak argan. Untuk produk kondisioner rambut, bisa memilih produk yang mengandung glyceryl stearate, sodium lactate, propylene glycol, sodium PCA atau glycerin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Trik Ampuh Untuk Mengatasi Rambut Kering

0 comments:

Post a Comment