Informasi Seputar Dunia Kesehatan

Inilah Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan - Kopi adalah minuman yang berasal dari biji kopi yang telah mengalami beberapa proses sehingga menghasilkan bubuk kopi. Aromanya yang harum dan rasanya yang nikmat menjadikan kopi sebagai minuman favorit bagi pecandunya.  Ada dua varietas kopi yang sangat terkenal dengan cita rasanya yang khas yaitu kopi robusta dan kopi arabika. Kopi terus berkembang sehingga menjadi minuman populer di dunia. Dan sekarang jenis minuman kopi yang dapat dinikmati sangatlah beragam, mulai dari kopi hitam, kopi susu, espresso, coffee latte, kopi moka, cappuccino, kopi tubruk dan lain sebagainya. Bahkan beragam jenis kopi instant dengan berbagai rasa sudah banyak beredar dipasaran dan memberikan pilihan tersendiri bagi pecinta kopi.

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan
Pada dasarnya kopi memiliki kandungan yang terdapat dalam kopi memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat minum kopi dapat dirasakan jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Didalam kopi terdapat kandungan kafein yang dapat memberikan efek peningkatan energi pada tubuh. Batas aman dalam mengkonsumsi kafein adalah sekitar 100-150 mg perhari atau setara dengan satu hingga dua cangkir kopi hitam. Dengan jumlah ini kafein mampu membuat tubuh tetap terjaga.

Minum kopi yang berlebihan juga dapat meningkatkan peluang datangnya berbagai macam penyakit. Resiko sulit tidur, sakit kepala, maag, dan kepanikan dapat timbul, terutama pada orang yang sensitive. Selain itu, mengkonsumsi kopi berlebihan juga dapat menaikkan asam lambung serta memicu jantung berdebar dengan cepat dan kencang. Namun tentunya resiko yang di rasakan sangat bersifat individual karena kemampuan metabolisme seseorang dalam mencerna kafein tidaklah sama.
Selain memberikan efek negatif, kopi juga memberikan manfaat bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat minum kopi yang perlu anda ketahui:

Membantu berfikir lebih cepat
Kafein yang terdapat dalam kopi ternyata dapat memberikan sinyal pada otak untuk cepat merespon dan mengolah memori. Hal ini dapat membantu anda berfikir dengan cepat.

Meningkatkan aliran darah
Dengan mengkonsumsi kopi 5 hingga 15 menit sebelum olah raga maka aliran darah akan meningkat dan kontraksi otot dapat bekerja dengan baik.

Mampu menangkal radikal bebas
Dalam kopi terdapat kandungan antioksidan yang cukup banyak. Dengan adanya senyawa antioksidan ini maka kopi mampu membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang menyerang.

Membantu agar lebih berkonsentrasi
Bekerja pada malam hari mengharuskan anda untuk tetap terjaga dan berfikir jernih. Dengan meminum secangkir kopi maka  rasa kantuk akan hilang. Kandungan kafein dan aroma pada kopi mampu menstimulasi otak untuk tetap terjaga sehingga anda dapat bekerja dengan lebih cermat.

Manfaat minum kopi memanglah sangat banyak, namun  sebagai pecinta kopi sebaiknya anda menahan diri untuk tidak menikmatinya berlebihan. Minum kopi dua gelas perhari sudah mampu memberikan energi bagi tubuh  anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

0 comments:

Post a Comment