Informasi Seputar Dunia Kesehatan

Inilah Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan - Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki aroma harum dan rasa yang khas. Biasanya kayu manis digunakan sebagai bahan pelengkap pembuatan kue ataupun minuman. Pohon kayu manis biasanya dapat tubuh dengan ketinggian maksimal sekitar 9 meter.  Bagian kayu manis yang digunakan sebagai rempah adalah kayu bagian dalam, karena pada bagian ini aroma kayu terasa sangat harum, sedangkan pada bagian luar tidak ada aromanya.

Manfaat Kayu Manis
Bagian dalam kayu dari pohon kayu manis akan dikeringkan sehingga membentuk membentuk kayu yang menggulung kemudian bagian kayu yang telah kering ini dipotong menjadi ukuran 5 hingga 8 cm. Ada juga kayu yang diolah menjadi bubuk. Jenis kayu manis batangan dan bubuk inilah yang biasanya kita gunakan sebagai pelengkap dalam masakan ataupun minuman.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam menikmati kayu manis dalam olahan makanan ataupun minuman, antara lain:
  • Di jadikan sebagai bahan pengaduk dalam minuman hangat seperti susu, coklat, teh ataupun jenis minuman dingin.
  • Bubuk kayu manis dapat diseduh dengan teh.
  • Mencampurkan bubuk kayu manis dalam adonan kue.
  • Di gunakan sebagai salah satu rempah pelengkap dalam berbagai jenis masakan.

Dibalik aromanya yang harum ternyata kayu manis memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan:

Kayu manis dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti: menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, menurunkan tekanan darah dan meredakan nyeri pada otot dan sendi. Bagi wanita yang sering mengalami masalah ketika datang bulan seperti kram ataupun nyeri pada perut, maka anda dapat menggunakan kayu manis untuk meredakan masalah tersebut.

Untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan ini, anda dapat mengambil beberapa batang kayu manis lalu merebus nya dengan air. Masak air hingga mendidih dan kadar airnya sedikit menyusut. Lalu tuang pada gelas dan minum selagi hangat. Anda juga dapat menambahkan madu kedalam minuman kayu manis anda agar khasiat yang didapat menjadi bertambah.

Manfaat kayu manis bagi kesehatan lainnya adalah sebagai obat kumur. Dengan berkumur menggunakan kayu manis maka masalah seperti sariawan dan bau mulut dapat diatasi. Anda dapat menggunakan air rebusan kayu manis untuk berkumur, atau dapat juga mencampur ½ sendok teh bubuk kayu manis dengan segelas air hangat. Kemudian gunakan air tersebut sebagai obat kumur. Anda juga dapat menggunakan air rebusan kayu manis sebagai obat pereda radang tenggorokan.

Kayu manis juga dapat digunakan sebagai penghangat tubuh. Dengan meminum air rebusan kayu manis maka tubuh akan menjadi lebih hangat. Jadi tak heran jika kayu manis sering ditambahkan dalam olahan minuman tradisional penghangat tubuh seperti bandrek. Campuran antara kayu manis dan jahe merupakan paduan yang sangat pas untuk menghangatkan badan. Selain itu, kayu manis juga memberikan aroma tersendiri pada minuman tersebut.

Setelah mengetahui berbagai manfaat kayu manis bagi kesehatan, maka tidak ada salahnya jika dirumah anda menyediakan kayu manis sebagai salah satu stok bahan rempah ataupun bahan campuran minuman di sore hari. Untuk mendapatkan hasil maksimal anda dapat mengkonsumsinya setiap hari, tapi tentu saja dengan tidak berlebihan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

1 comments:

  1. New Jersey Gambling Commission to consider casino-style
    The 여주 출장샵 New 경산 출장마사지 Jersey Gambling Commission on Tuesday recommended the gambling 동두천 출장샵 commission to explore the 경기도 출장샵 potential for online 대전광역 출장안마 gambling in May 5, 2021

    ReplyDelete